Terms and Conditions

Pengguna diwajibkan untuk membaca seluruh Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama, dan dapat menghubungi PT Abadi Singapay Indonesia (“PT ASI” atau “Singapay” atau “Kami”) jika memiliki pertanyaan lebih lanjut. Syarat dan Ketentuan ini mengatur pemakaian dan akses Pengguna terhadap aplikasi, konten dan produk-produk yang disediakan oleh Kami, beserta jasa-jasa pembayaran yang disediakan oleh Kami. Dengan mengakses atau menggunakan aplikasi layanan Singapay, Pengguna setuju dan mengikatkan diri untuk mematuhi “Syarat dan Ketentuan” ini (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan\") serta “Kebijakan Privasi” yang tertera pada halaman yang berbeda yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

I. Definisi

  1. Akun Non-Premium adalah Akun Singapay yang dimiliki oleh Pengguna Non-Premium.

  2. Akun Premium adalah Akun Singapay yang dimiliki oleh Pengguna Premium.

  3. Akun Singapay adalah seluruh akun yang terdaftar pada Singapay oleh Pengguna dan dikuasai oleh Pengguna untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Singapay.

  4. Aplikasi Singapay adalah platform yang disediakan oleh PT ASI dimana di dalam Aplikasi Singapay terdapat berbagai fitur layanan yang menunjang aktivitas Pengguna sebagai layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik (server based) serta layanan pendukung lainnya, berbasis mobile yang dapat digunakan melalui Perangkat Telekomunikasi. 

  5. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk-bentuk lainnya.

  6. Hari Kalender adalah seluruh hari dari hari Senin sampai dengan hari Minggu termasuk didalamnya hari libur, pada kalender masehi.

  7. Hari Kerja adalah hari (selain dari Sabtu atau Minggu atau hari libur nasional) pada saat mana bank umumnya buka di Indonesia untuk transaksi bisnis perbankan secara normal.

  8. Merchant adalah pihak-pihak baik badan hukum maupun badan usaha ataupun perorangan yang melayani Transaksi menggunakan Singapay berdasarkan perjanjian kerja sama dengan PT ASI atau cara kerjasama lainnya.

  9. Nomor Ponsel adalah nomor telepon seluler (handphone) atau ponsel pintar (smartphone) yang didaftarkan oleh Pengguna untuk mengakses layanan Singapay.

  10. Pengguna adalah setiap orang yang terdaftar sebagai pemilik Akun Singapay baik Akun Non-Premium maupun Akun Premium serta pemilik Saldo Singapay sebagaimana tercatat pada Aplikasi Singapay.

  11. Pengguna Non-Premium adalah Pengguna Singapay yang belum atau tidak menyelesaikan syarat verifikasi.

  12. Pengguna Premium adalah Pengguna yang telah menyelesaikan syarat verifikasi dengan cara mengunggah foto wajah dan KTP pada akun Pengguna atau cara lainnya yang ditentukan oleh Singapay dari waktu ke waktu.

  13. Perangkat Telekomunikasi adalah telepon genggam atau telepon seluler (ponsel, handphone), atau ponsel pintar, komputer pribadi berbentuk tablet atau perangkat telekomunikasi lainnya dan menggunakan Sistem Operasi Android atau IOS ataupun sistem operasi lain yang akan ada di masa mendatang, yang teknologinya mendukung layanan Singapay.

  14. Promosi atau Promo merupakan penawaran manfaat promosi dan/atau insentif atas penggunaan fitur dan layanan pada pembayaran Singapay yang memiliki syarat dan ketentuan khusus terhadap penawaran manfaat promosi dan/atau insentif tersebut. Penentuan jenis dan syarat Promosi merupakan kewenangan mutlak PT ASI. Informasi, syarat dan ketentuan terkait setiap program promosi dan/atau insentif akan disediakan melalui media yang dapat diakses dengan mudah oleh Pengguna.

  15. Rekening Escrow adalah rekening penampungan uang pada Bank yang sudah terdaftar di Singapay, yang semata-mata digunakan untuk pemanfaatan fitur Aplikasi Singapay.

  16. Saldo Singapay adalah jumlah uang elektronik yang tercatat dan tersimpan di Aplikasi Singapay. Uang yang menjadi dasar penerbitan uang elektronik akan ditampung di Rekening Escrow dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Aplikasi Singapay.

  17. Transaksi adalah seluruh transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna menggunakan Singapay, baik yang telah tersedia melalui fitur-fitur pada Aplikasi Singapay, maupun transaksi yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.

  18. Transaksi top up adalah transaksi pengisian uang elektronik menjadi Saldo Singapay.

 

II. Ketentuan Umum

  1. Singapay baru dapat digunakan setelah Pengguna menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi pada Aplikasi Singapay, serta melakukan aktivasi atau pendaftaran dengan menggunakan Nomor Ponsel (handphone) serta memberikan informasi yang dibutuhkan.

  2. Setiap Nomor Ponsel (handphone) hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali pendaftaran Aplikasi Singapay.

  3. Pengguna dapat melakukan Transaksi apapun apabila memiliki Saldo Singapay yang mencukupi. Jumlah Saldo Singapay dibatasi sebesar:

    1. Rp2.000.000 (dua juta Rupiah) untuk Akun Singapay yang dimiliki oleh Pengguna Non-Premium;

    2. Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) untuk Akun Premium; atau

    3. Jumlah lainnya sebagaimana ditentukan dari waktu ke waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Batas maksimum Transaksi yang bersifat incoming (masuk) dalam 1 (satu) Akun pada 1 (satu) bulan kalender adalah:

    1. Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) untuk Akun Singapay yang dimiliki oleh Pengguna Non-Premium; atau

    2. Rp40.000.000 (empat puluh juta Rupiah) untuk Akun Premium.

    3. Jumlah lainnya sebagaimana ditentukan dari waktu ke waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Kami dapat melakukan penundaan atau penolakan Transaksi apabila sistem keamanan Kami menganggap bahwa Transaksi yang dilakukan tidak wajar untuk alasan keamanan. Status terhadap transaksi Pengguna akan diinformasikan secara langsung kepada Pengguna melalui halaman transaksi pada Akun Singapay.

III. Aktivasi 

Pengguna dapat membuka akun pertama kali dengan cara:

  1. Mengunduh Aplikasi Singapay secara langsung melalui Perangkat Telekomunikasi yang dimiliki sebagaimana yang tersedia di Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk IOS) dan melakukan instalasi pada Perangkat Telekomunikasi.

  2. Setelah melakukan instalasi pada Perangkat Telekomunikasi, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan mengikuti petunjuk dan menyediakan informasi, antara lain:

    1. Nama akun dari Pengguna;

    2. PIN yang dipilih sendiri oleh Pengguna;

  1. Pada saat pertama kali melakukan pendaftaran, status Pengguna adalah Akun Non-Premium. Apabila Pengguna bermaksud meningkatkan status dari Akun Non-Premium menjadi Akun Premium, maka Pengguna akan diminta dan bersedia untuk mengunggah foto wajah dan KTP pribadi. Setiap permintaan pendaftaran Akun Premium tersebut akan dianggap sebagai permintaan yang sah dari Pengguna.

  2. Seluruh data atau informasi yang Pengguna kirimkan untuk pendaftaran Akun Premium akan disimpan oleh Kami dalam rangka melakukan verifikasi terhadap permintaan Akun Premium dari Pengguna, dan akan digunakan untuk metode otentikasi Verifikasi Wajah sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  3. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Pengguna merupakan kewenangan mutlak Kami dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  4. Kami dapat, menunda, menolak atau membatalkan persetujuan atas permohonan verifikasi Pengguna apabila ditemukan adanya antara lain:

    1. Penyalahgunaan identitas Pengguna

    2. Identitas yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Pengguna wajib menjamin kebenaran dan keakuratan seluruh data dan informasi yang disampaikan Pengguna dalam rangka aktivasi akun Singapay maupun verifikasi Akun Premium. Pengguna bertanggung jawab secara penuh apabila di kemudian hari ditemukan bahwa terdapat data dan informasi yang disampaikan Pengguna yang tidak akurat, salah, dan/atau palsu.

  2. Singapay sesuai kebijakannya berhak untuk menolak permohonan pendaftaran oleh Pengguna apabila terdapat indikasi ketidaksesuaian identitas maupun profil Pengguna sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Informasi status pendaftaran Pengguna akan diberitahukan kepada Pengguna melalui halaman pada Aplikasi Singapay.

  3. Dengan melakukan aktivasi akun Singapay dan/atau verifikasi Akun Premium, Pengguna mengerti dan menyetujui untuk memberikan akses kepada Kami terhadap nama ataupun kontak nomor handphone pada perangkat elektronik Pengguna untuk digunakan sehubungan dengan aktivitas pada Aplikasi Singapay.

  4. Untuk melakukan transaksi pada Aplikasi Singapay, maka Pengguna terlebih dahulu melakukan Transaksi top up. 

  5. Singapay tidak menyimpan informasi yang digunakan Pengguna dalam melakukan transaksi top up sehubungan dengan kata sandi (password) atau token atau kode keamanan lain dalam bentuk apapun, baik sementara atau permanen ke dalam sistem Kami. Proses validasi transaksi yang dilakukan melalui Bank atau penyelenggara transaksi akan langsung dilakukan oleh pihak Bank atau penyelenggara transaksi yang bersangkutan.

  6. Proses Transaksi top up melalui Bank, akan diambil alih oleh dan diproses melalui sistem perbankan. Kami hanya akan meneruskan status Transaksi “Berhasil” atau “Gagal” dari Bank.

  7. Dalam hal Transaksi top up dinyatakan “Berhasil” maka saldo Pengguna di rekening pada Bank yang bersangkutan otomatis akan berkurang sedangkan Saldo Singapay akan bertambah untuk jumlah yang sesuai. Apabila Saldo Singapay belum bertambah maka Pengguna dapat menghubungi Kami melalui layanan yang disediakan oleh Kami.

  8. Pengguna memahami bahwa Transaksi top up yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu diluar kendali Kami. Kami akan berusaha secara wajar untuk menyelesaikan gangguan dengan kanal pihak ketiga.

IV. Fitur Aplikasi Singapay

Pengguna dapat melakukan berbagai Transaksi melalui fitur-fitur yang tersedia pada Aplikasi Singapay yang secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

  1. Saldo Singapay

  2. Top Up (Isi Saldo)

  3. Pembayaran Tagihan

  4. Pembelian Isi Ulang

  5. Fitur lainnya yang mungkin dikembangkan oleh Singapay dari waktu ke waktu

V. Jangka Waktu

Akun Singapay milik Pengguna akan berlaku selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen, baik oleh Pengguna maupun oleh Singapay.

VI. Pemblokiran Akun Singapay

  1. Akun Singapay dapat diblokir seluruhnya atau terhadap sebagian fitur, sesuai dengan kebijakan Kami, dalam hal:

    1. Pengguna memasukkan PIN dan/atau kata sandi (password) yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut;

    2. Pengguna mengajukan permintaan resmi, baik karena adanya laporan Pengguna bahwa telepon seluler telah hilang atau telah dicuri atau diretas. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.

    3. Dilakukan secara sepihak oleh Singapay dikarenakan terdapat suatu indikasi yang merugikan Singapay dan/atau indikasi pelanggaran serta ketentuan hukum yang berlaku, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, yaitu:

      1. Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang, atau;

      2. Apabila Pengguna menggunakan layanan Singapay yang menyebabkan terjadinya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi, atau;

      3. Apabila Pengguna memberikan data/ informasi dan keterangan yang tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan Aplikasi Singapay, atau;

      4. Adanya indikasi penyalahgunaan untuk kegiatan yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau;

      5. Akun Singapay dinyatakan tidak aktif (dormant) karena tidak digunakan untuk jangka waktu minimum selama 24 (dua puluh empat) bulan berturut-turut, yakni tidak memiliki aktivitas transaksi (transaksi masuk maupun transaksi keluar) dan/atau tidak memiliki aktivitas pada aset dan/atau kewajiban produk layanan keuangan (financial services) di Aplikasi Singapay.

  1. Aktivasi ulang atas rekening yang diblokir yang disebabkan alasan-alasan sebagaimana dimaksud tersebut di atas merupakan wewenang Singapay sepenuhnya dan Kami juga memiliki wewenang penuh untuk menonaktifkan sementara atau secara permanen akses Pengguna terhadap sebagian atau seluruh layanan/fitur Singapay.

VII. Penutupan Dan/Atau Penghapusan Akun Singapay

  1. Akun Singapay dapat ditutup dan/atau dihapus karena terjadi salah satu hal-hal berikut:

    1. Adanya permintaan resmi dari Pengguna yang disampaikan melalui jalur pengaduan resmi Kami dan/atau melalui fitur delete account pada Singapay, dengan memenuhi rangkaian proses dan persyaratan yang diminta oleh Kami;

    2. Adanya permintaan dari otoritas penegak hukum yang berwenang;

    3. Kebijakan Singapay berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    4. Keadaan Memaksa yang terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau

    5. Penghentian kegiatan operasional PT ASI karena alasan apapun.

  1. Kami akan mengembalikan saldo uang elektronik Singapay kepada Pengguna atas adanya penutupan dan/atau dihapus setelah dikurangi biaya terutang (bila ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari saldo Singapay, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut sehubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan Akun Singapay, indikasi tindak pelanggaran hukum lainnya, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Sehubungan dengan penutupan dan/atau hapus akun Singapay, Pengguna dan Singapay setuju untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan akun Singapay dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

  3. Dalam hal penutupan dan/atau hapus Akun Singapay karena adanya permintaan Pengguna, maka Pengguna berhak untuk menutup/menghapus Akun Singapay serta mengakhiri hubungannya dengan Kami dengan ketentuan:

    1. Menyampaikan permintaan resmi Pengguna kepada Kami, dengan cara masuk ke Aplikasi Singapay dan menyelesaikan tahapan yang tersedia.

    2. Pengguna wajib dan bertanggung jawab untuk menarik seluruh dana yang tersisa miliknya pada Akun Singapay sebelum Pengguna melakukan penutupan Akun Singapay, termasuk namun tidak terbatas pada penarikan dan/atau pengosongan pada Saldo Singapay miliknya;

    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa permintaan penghapusan Akun Singapay milik Pengguna melalui Aplikasi Singapay adalah dilakukan oleh Pengguna sendiri selaku pemilik yang berwenang atas Akun Singapay dimana Pengguna akan diminta melakukan verifikasi penghapusan Akun Singapay. 

    4. Pengguna wajib memberikan alasan, saran dan kritik pada saat proses permintaan penghapusan akun.

    5. Sebagai langkah pengamanan akun, pengguna wajib memasukan kode PIN saat memproses penghapusan akun.

    6. Singapay memiliki wewenang untuk menentukan batas waktu proses penghapusan akun pengguna hingga selesai.

    7. Singapay memiliki wewenang untuk memberikan keputusan berupa penolakan atas permintaan penghapusan akun.

    8. Selama proses pemeriksaan dan persetujuan penghapusan akun, pengguna masih dapat mengakses platform uang elektronik Singapay namun pengguna tidak dapat melakukan aktivitas atau kegiatan transaksi.

    9. Pengguna diberikan kesempatan untuk membatalkan permintaan penghapusan akun selama proses penghapusan akun belum selesai.

    10. Bila pengguna melakukan pembatalan permintaan penghapusan akun, maka Singapay akan segera menghentikan proses peninjauan atas permintaan penghapusan akun.

VIII. Batasan Tanggung Jawab

  1. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data atau Akun Singapay Pengguna maka Pengguna wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi data yang dimilikinya, yaitu Nomor Ponsel (handphone) yang digunakan pada akun Singapay atau Nomor Ponsel alternatif, kata sandi (password) atau PIN atau kode verifikasi maupun Kode OTP, atau data lainnya yang diberikan Pengguna atau diterima oleh Pengguna terkait Transaksi atau atas setiap kegiatan atau Transaksi yang terjadi/dilakukan oleh Pengguna dengan tidak mengungkapkannya kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat dan risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi data Pengguna yang dimilikinya.

  2. Pengguna wajib menjaga informasi sebagaimana disebut di atas, dari peristiwa antara lain kehilangan, kerusakan, penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab atau pemalsuan. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui untuk melepaskan Singapay dari tanggung jawab dan ganti kerugian dalam bentuk apapun kepada Pengguna atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi di luar kesalahan dan/atau kelalaian Singapay termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal:
    1. Kehilangan atau kerusakan Perangkat Telekomunikasi atau Nomor Ponsel oleh Pengguna;

    2. Akses tidak sah terhadap informasi pribadi Pengguna yang terjadi di luar lingkup tanggung jawab Kami atau pada/melalui aplikasi milik pihak ketiga;

    3. Setiap kerugian yang terjadi yang diakibatkan karena Pengguna terindikasi melanggar hukum dan/atau terdapat penyalahgunaan oleh pihak lain yang tidak berwenang;

  3. Pengguna dengan ini diwajibkan untuk memeriksa, memastikan dan menjamin bahwa seluruh informasi dan data yang didaftarkan atau diberikan selama mempergunakan Singapay adalah akurat, benar, dan lengkap, serta tidak menyesatkan. Oleh sebab itu Pengguna membebaskan dan melepaskan Kami dari segala bentuk gugatan, tuntutan dan/atau ganti kerugian baik yang berasal dari Pengguna atau pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian dan/atau kegagalan Pengguna dalam mematuhi seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Apabila Transaksi telah diselesaikan maka Pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa transaksi Tidak Dapat ditarik kembali dengan alasan apapun juga dan Transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi dan data yang telah didaftarkan dan dimasukkan oleh Pengguna.

  5. Pengguna akan dikenakan biaya-biaya sehubungan dengan layanan Singapay sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Kami antara lain biaya Transaksi dan biaya-biaya lainnya yang akan diinformasikan kepada Pengguna. Pengguna layanan Singapay harus menggunakan layanan telekomunikasi data, dan Pengguna bertanggung jawab untuk mengadakan konektivitas telekomunikasi data tersebut, termasuk sehubungan dengan tarif akses data atas konektivitas tersebut. Biaya dan ketentuan penggunaannya akan diatur oleh operator jasa telekomunikasi yang digunakan oleh Pengguna.

  6. Segala kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Pengguna atau pihak ketiga alami karena kesalahan Pengguna atau pihak ketiga selain Kami, termasuk Merchant merupakan tanggung jawab Pengguna.

  7. Segala kerugian, termasuk biaya keterlambatan atau biaya lainnya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena kegagalan sistem atau kendala dari Bank atau mitra Singapay diluar kendali Kami sepanjang Kami telah memprosesnya, maka menjadi tanggung jawab Pengguna.

IX. Keadaan Memaksa (Force Majeure)

Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan oleh Kami tidak akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan apabila hal tersebut disebabkan oleh suatu peristiwa yang berada di luar kendali Kami atau lazim disebut dengan istilah Keadaan Memaksa (Force Majeure) yaitu (a) bencana alam (b) kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya (c) tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyediaan layanan telekomunikasi (d) tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Kami tidak dapat memberikan layanan telekomunikasi (e) adanya keputusan dari instansi yang berwenang atau perubahan keputusan dari pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan layanan Singapay termasuk diantaranya perubahan pemberlakuan tarif kepada Pengguna dan (f) wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit. Pengguna setuju untuk melepaskan Singapay dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Pengguna melalui akun Singapay baik sebagian maupun seluruhnya karena adanya Keadaan Memaksa.

X. Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi

  1. Kami sangat memperhatikan keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat menggunakan layanan Singapay. Oleh karena itu Kami memiliki sistem keamanan ketika Pengguna melakukan transaksi untuk memberikan kepastian kepada Pengguna bahwa Transaksi Pengguna aman dan Informasi serta data pribadi Pengguna disimpan dan dipergunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi yang kami tetapkan dengan tunduk pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

  2. Kami menggunakan server yang memadai dalam menjaga keamanan informasi rahasia Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif akan dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) dalam keadaan mana data tersebut hanya dapat diakses oleh personil yang memiliki wewenang khusus yang disyaratkan untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

  3. Kami menerapkan langkah-langkah wajar untuk memastikan PIN milik Pengguna tidak diketahui oleh siapapun kecuali oleh Pengguna untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan oleh pihak lain. Dengan demikian, Pengguna bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan PIN milik Pengguna.

XI. Pernyataan dan Jaminan

  1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku Pengguna merupakan pihak yang cakap untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh Kami.

  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian atau bentuk kerjasama lainnya berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna pada saat mengakses, melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Aplikasi Singapay, telah berusia sekurang-kurangnya 21 (dua puluh satu) tahun atau kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun dan sudah pernah menikah, dan tidak sedang berada dalam pengampuan. Apabila Pengguna berusia kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun atau kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun dan belum pernah menikah pada saat mengakses, melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Aplikasi Singapay, maka Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari orang tua/wali yang sah dari Pengguna untuk melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Aplikasi Singapay.

  3. Penggunaan atas Akun Singapay dan/atau layanan Singapay merupakan pengakuan dan persetujuan Pengguna untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan; (ii) kebijakan privasi; dan (iii) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  4. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna akan menggunakan Aplikasi Singapay secara wajar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, serta tidak akan melakukan tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari, menembus, dan/atau memanfaatkan celah sistem keamanan ataupun menyebabkan gangguan dan/atau kerusakan pada sistem Singapay, melakukan penyalahgunaan Akun Singapay, produk dan fitur-fitur dalam Aplikasi Singapay, maupun menyebabkan kerugian bagi Singapay dan/atau Pengguna lain. Pengguna bertanggungjawab atas segala konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan ini.

  5. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam Transaksi bukanlah dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan Akun Singapay tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk melakukan pembayaran atas Transaksi yang sifatnya atau objeknya melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Kami dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun apabila Pengguna ternyata melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

  6. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa pihaknya akan selalu menggunakan Akun Singapay dengan aman, menjaga kerahasiaan nomor ID Pengguna miliknya, PIN, OTP, Password dan informasi lainnya yang mungkin akan menyebabkan Akun Singapay miliknya disalahgunakan.

  7. Pengguna dengan ini menyatakan bersedia melengkapi seluruh data atau permintaan data atau dokumen tambahan yang diajukan oleh Kami sehubungan dengan adanya penelusuran/pemeriksaan lanjutan atas adanya dugaan transaksi mencurigakan dan/atau terindikasi melanggar Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi atau Ketentuan peraturan perundang-undangan.

  8. Pengguna tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun dan/atau PIN. Pengguna karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun dilarang untuk mengalihkan Rekening Singapay kepada orang atau pihak manapun;

  9. Pengguna menyatakan dan menjamin tidak akan dengan alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/dokumen yang telah disampaikan kepada Kami dan karenanya Kami berhak menggunakan data dan informasi tersebut sehubungan dengan layanan Transaksi atau terkait urusan administrasi rekening Pengguna pada Singapay, kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan;

  10. Pengguna menyatakan dan menjamin akan memperbaharui dan memberitahukan kepada Kami apabila ada perubahan data terkait dengan Pengguna yang telah didaftarkan dan/atau disampaikan kepada Kami;

  11. Dengan melaksanakan Transaksi melalui Singapay maka Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti otentik meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna tidak dan tidak akan menyangkal keberlakuan dan keabsahan dari komunikasi dan instruksi elektronik yang disampaikan oleh Pengguna melalui Singapay, sebagai bukti otentik;

  12. Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan setuju bahwa layanan yang disediakan melalui Singapay disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”, tanpa adanya jaminan dari Kami bahwa layanan yang disediakan melalui Singapay sesuai untuk tujuan atau kebutuhan tertentu dari Pelanggan. Dalam hal ini, Singapay tidak memberikan jaminan bahwa (i) penggunaan Singapay dapat memenuhi seluruh kebutuhan Pelanggan, (ii) Aplikasi Singapay akan tersedia terus menerus tanpa gangguan/error, (iii) setiap ketidaksesuaian dalam Aplikasi Singapay akan diperbaiki untuk memenuhi keinginan Pengguna. Namun Kami tetap akan berusaha sebaik-baiknya dan sewajarnya untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Pengguna.

XII. Lain-lain

  1. Syarat dan Ketentuan ini tunduk dan diatur serta dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia;

  2. Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh Pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan salah satu atau seluruh layanan Singapay yang tersedia di Aplikasi Singapay, beserta layanan-layanan yang terkait dengannya, yang disediakan melalui Aplikasi Singapay dan/atau aplikasi lainnya yang diterbitkan oleh Kami dari waktu ke waktu.

  3. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan maka Kami dan Pengguna setuju untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalan musyawarah. Dalam hal musyawarah mufakat tidak tercapai maka Pengguna dapat juga menyampaikan keluhan melalui badan atau lembaga penyelesaian sengketa atau kepada Bank Indonesia. Apabila cara-cara tersebut diatas tidak berhasil dilakukan maka selanjutnya perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Tangerang;

  4. Singapay, termasuk nama dan logo, kode, desain, teknologi dan formula bisnisnya, dilindungi oleh suatu hak cipta, merek, paten dan hak atas kekayaan intelektual lainnya serta tunduk pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. 

  5. Kegagalan atau tertundanya Kami dalam mengambil tindakan langsung, mengenakan sanksi, atau melaksanakan hak atau kewajiban Kami, dan/atau mengajukan gugatan atau tuntutan terhadap pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, tidak menghapuskan kewajiban Pengguna dan bukan merupakan suatu pengesampingan atas hak Kami untuk mengambil tindakan apapun yang diperlukan di kemudian hari.

  6. Pengguna dilarang dan/atau tidak dapat mengalihkan hak dan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Kami berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami semata. Pengalihan seluruh atau sebagian Saldo Singapay yang dilakukan oleh Pengguna kepada pihak lain manapun, bukan merupakan pengalihan atau suatu bentuk pengalihan rekening atau akun Singapay;

  7. Jika terdapat suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan atas syarat dan ketentuan lain tetap berlaku dan mengikat;

  8. Syarat dan Ketentuan ini baik sebagian maupun seluruhnya termasuk fitur atau layanan yang ditawarkan oleh Kami dapat diubah, diperbaharui, dan/atau ditambah dari waktu ke waktu dengan berdasarkan kepada kebijakan yang berlaku di Singapay. Setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan diinformasikan kepada Pengguna;

  9. Pengguna dengan ini mengetahui dan memberikan persetujuan kepada Kami untuk menggunakan data pribadi/informasi Pengguna pada fitur-fitur yang tersedia pada Aplikasi Singapay untuk pengembangan jenis/model layanan dan penggunaan Singapay, dengan tetap memperhatikan ketentuan Kebijakan Privasi serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

  10. Pengelolaan data pribadi Pengguna diatur dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dimana Kebijakan Privasi tersebut merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya dengan ini menyatakan bahwa Pengguna menerima dan menyetujui Kebijakan Privasi (Privacy Policy) yang terkait;

  11. Transaksi Pengguna yang dilakukan melalui Singapay disimpan secara otomatis pada server Singapay. Pengguna mengakui dan memahami bahwa Kami dengan upaya terbaiknya telah menjaga keamanan sistemnya. Namun demikian, dalam hal terdapat perbedaan atau ketidaksesuaian antara data, saldo atau catatan Transaksi Pengguna maka Pengguna menyetujui bahwa data, saldo atau catatan Transaksi yang berlaku dan diakui adalah yang dimiliki oleh Kami;

  12. Pengguna memahami bahwa dalam menggunakan Singapay, data pribadi dari Pengguna akan dikumpulkan, digunakan maupun diperlihatkan sehingga Pengguna dapat menikmati layanan Singapay secara maksimal.

XIII. Ketentuan Penutup

Pengguna mengerti dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol daftar atau tombol masuk atau menandai kotak persetujuan saat akan mengakses Singapay merupakan persetujuan Pengguna untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Singapay oleh Pengguna. Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dengan memberikan informasi dan/atau pemberitahuan (notifikasi) kepada Pengguna.

Akun Premium

Pengguna dapat membuka akun pertama kali dengan cara:

  1. Mengunduh Aplikasi Singapay secara langsung melalui Perangkat Telekomunikasi yang dimiliki sebagaimana yang tersedia di Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk IOS) dan melakukan instalasi pada Perangkat Telekomunikasi.

  2. Setelah melakukan instalasi pada Perangkat Telekomunikasi, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan mengikuti petunjuk dan menyediakan informasi, antara lain:

    1. Nama akun dari Pengguna;
    2. PIN yang dipilih sendiri oleh Pengguna;

  3. Pada saat pertama kali melakukan pendaftaran, status Pengguna adalah Akun Non-Premium. Apabila Pengguna bermaksud meningkatkan status dari Akun Non-Premium menjadi Akun Premium, maka Pengguna akan diminta dan bersedia untuk mengunggah foto wajah dan KTP pribadi. Setiap permintaan pendaftaran Akun Premium tersebut akan dianggap sebagai permintaan yang sah dari Pengguna.
  4. Seluruh data atau informasi yang Pengguna kirimkan untuk pendaftaran Akun Premium akan disimpan oleh Kami dalam rangka melakukan verifikasi terhadap permintaan Akun Premium dari Pengguna, dan akan digunakan untuk metode otentikasi Verifikasi Wajah sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  5. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Pengguna merupakan kewenangan mutlak Kami dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  6. Kami dapat, menunda, menolak atau membatalkan persetujuan atas permohonan verifikasi Pengguna apabila ditemukan adanya antara lain:

    1. Penyalahgunaan identitas Pengguna
    2. Identitas yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Pengguna wajib menjamin kebenaran dan keakuratan seluruh data dan informasi yang disampaikan Pengguna dalam rangka aktivasi akun Singapay maupun verifikasi Akun Premium. Pengguna bertanggung jawab secara penuh apabila di kemudian hari ditemukan bahwa terdapat data dan informasi yang disampaikan Pengguna yang tidak akurat, salah, dan/atau palsu.

  2. Singapay sesuai kebijakannya berhak untuk menolak permohonan pendaftaran oleh Pengguna apabila terdapat indikasi ketidaksesuaian identitas maupun profil Pengguna sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Informasi status pendaftaran Pengguna akan diberitahukan kepada Pengguna melalui halaman pada Aplikasi Singapay.

  3. Dengan melakukan aktivasi akun Singapay dan/atau verifikasi Akun Premium, Pengguna mengerti dan menyetujui untuk memberikan akses kepada Kami terhadap nama ataupun kontak nomor handphone pada perangkat elektronik Pengguna untuk digunakan sehubungan dengan aktivitas pada Aplikasi Singapay.

  4. Untuk melakukan transaksi pada Aplikasi Singapay, maka Pengguna terlebih dahulu melakukan Transaksi top up. 

  5. Singapay tidak menyimpan informasi yang digunakan Pengguna dalam melakukan transaksi top up sehubungan dengan kata sandi (password) atau token atau kode keamanan lain dalam bentuk apapun, baik sementara atau permanen ke dalam sistem Kami. Proses validasi transaksi yang dilakukan melalui Bank atau penyelenggara transaksi akan langsung dilakukan oleh pihak Bank atau penyelenggara transaksi yang bersangkutan.

  6. Proses Transaksi top up melalui Bank, akan diambil alih oleh dan diproses melalui sistem perbankan. Kami hanya akan meneruskan status Transaksi “Berhasil” atau “Gagal” dari Bank.

  7. Dalam hal Transaksi top up dinyatakan “Berhasil” maka saldo Pengguna di rekening pada Bank yang bersangkutan otomatis akan berkurang sedangkan Saldo Singapay akan bertambah untuk jumlah yang sesuai. Apabila Saldo Singapay belum bertambah maka Pengguna dapat menghubungi Kami melalui layanan yang disediakan oleh Kami.

  8. Pengguna memahami bahwa Transaksi top up yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu diluar kendali Kami. Kami akan berusaha secara wajar untuk menyelesaikan gangguan dengan kanal pihak ketiga.

 

Penutupan dan/atau Penghapusan Akun Singapay
  1. Akun Singapay dapat ditutup dan/atau dihapus karena terjadi salah satu hal-hal berikut:

    1. Adanya permintaan resmi dari Pengguna yang disampaikan melalui jalur pengaduan resmi Kami dan/atau melalui fitur delete account pada Singapay, dengan memenuhi rangkaian proses dan persyaratan yang diminta oleh Kami;
    2. Adanya permintaan dari otoritas penegak hukum yang berwenang;

  2. Kebijakan Singapay berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  3. Keadaan Memaksa yang terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau

  4. Penghentian kegiatan operasional PT ASI karena alasan apapun.

    1. Kami akan mengembalikan saldo uang elektronik Singapay kepada Pengguna atas adanya penutupan dan/atau dihapus setelah dikurangi biaya terutang (bila ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari saldo Singapay, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut sehubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan Akun Singapay, indikasi tindak pelanggaran hukum lainnya, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.
    2. Sehubungan dengan penutupan dan/atau hapus akun Singapay, Pengguna dan Singapay setuju untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan akun Singapay dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

    3. Dalam hal penutupan dan/atau hapus Akun Singapay karena adanya permintaan Pengguna, maka Pengguna berhak untuk menutup/menghapus Akun Singapay serta mengakhiri hubungannya dengan Kami dengan ketentuan:

    4. Menyampaikan permintaan resmi Pengguna kepada Kami, dengan cara masuk ke Aplikasi Singapay dan menyelesaikan tahapan yang tersedia.

    5. Pengguna wajib dan bertanggung jawab untuk menarik seluruh dana yang tersisa miliknya pada Akun Singapay sebelum Pengguna melakukan penutupan Akun Singapay, termasuk namun tidak terbatas pada penarikan dan/atau pengosongan pada Saldo Singapay miliknya;

    6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa permintaan penghapusan Akun Singapay milik Pengguna melalui Aplikasi Singapay adalah dilakukan oleh Pengguna sendiri selaku pemilik yang berwenang atas Akun Singapay dimana Pengguna akan diminta melakukan verifikasi penghapusan Akun Singapay. 

    7. Pengguna wajib memberikan alasan, saran dan kritik pada saat proses permintaan penghapusan akun.

    8. Sebagai langkah pengamanan akun, pengguna wajib memasukan kode PIN saat memproses penghapusan akun.

    9. Singapay memiliki wewenang untuk menentukan batas waktu proses penghapusan akun pengguna hingga selesai.

    10. Singapay memiliki wewenang untuk memberikan keputusan berupa penolakan atas permintaan penghapusan akun.

    11. Selama proses pemeriksaan dan persetujuan penghapusan akun, pengguna masih dapat mengakses platform uang elektronik Singapay namun pengguna tidak dapat melakukan aktivitas atau kegiatan transaksi.

    12. Pengguna diberikan kesempatan untuk membatalkan permintaan penghapusan akun selama proses penghapusan akun belum selesai.

    13. Bila pengguna melakukan pembatalan permintaan penghapusan akun, maka Singapay akan segera menghentikan proses peninjauan atas permintaan penghapusan akun.

Foresta business loft 5 unit 30, Lengkong Kulon Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang Banten 15331
NEWS LETTER Subscribe our newsletter to get our latest update & news

© Copyright 2023 .Singapay. All Right Reserved.